…Imagination…

Terkadang banyak kejutan yang akan kita dapatkan dari anak-anak. Dari tingkah lakunya sampai pertanyaan-pertanyaan yang terkadang kita sendiri g “ngeh” dengan jawabannya. Apalagi jawabannya, pertanyaannyapun terkadang bikin heran tentang darimana mereka bisa mendapatkan pertanyaan tersebut… Bahkan bisa buat kita sebagai yang lebih tua mengucapkan berkali-kali kata tanya “Apa??!!”…hahaha… kalo bisa saya gambarin ekspresi saat denger pertanyaan itu or kalian lihat sendiri… pasti kalian bisa bilang..”Ih… mukamu tu lo?? Kaya hidup tak mau, matipun segan… wkawkawka…

Ini aku coba list beberapa pertanyaan yang pernah dilontarkan murid-murid saya … Pertanyaan-pertanyaan yang bikin saya mikir lama awalnya (bahkan sekilas terlihat tampak sangat bodoh)…hohoho super malu-maluin sich…”clingak-clingukkkk”….Tapi dari sini justru banyak hal yang memacu otak saya bahwa pertanyaan mereka adalah salah satu bentuk dari imajinasi yang dikeluarkan dengan pertanyaan-pertanyaan kritis yang patut untuk terus dikembangkan menjadi sebuah karya yg sangat inspiratif nantinnya dan awal kesuksesan mereka….(agak berlebihan mungkin, tapi ini sangat wajar difikiran saya)…gubrakkkk..:)

Btw ne list sementara dari pertanyaan unik yang diajukan anak-anak (tampak ada yang kritis, tapi unik bagi saya). Kalo ada lagi, bisa saya tambahkan kapan-kapan ya… OK!

  • Kalau bumi ini kotak kayak gimana ya jadinya ??

 

  • Bunga itu memiliki benang sari, tapi bentuk benang sari tidak sama dengan benang. Ko bisa disebut benang sari??

 

  • Mengapa yang di setiap data diri, nama orangtua yang dicantumkan hanya nama ayah?? Bukankah ibu juga orangtua??

 

  • Mengapa laki-laki tidak bisa melahirkan?

?

 

  • Mengapa adik bisa tinggal di perut ibu ya??

 

  • Memori data kan kecil banget, ko bisa menyimpan data banyak ya?? Bagaimana ya caranya? Ko bisa??

 

  • Andai setiap hari cuma ada siang hari, kita tidak bisa tidur ya?? Sekolah terus ya??

 

  • Teman-temanku kebanyakan bercita-cita menjadi dokter, insinyur, pengusaha bahkan sampai presiden. Terus yang jadi guru siapa donk??

 

  • Indonesia dipimpin oleh Presiden. Kenapa bukan Perdana Menteri??

 

  • Dahulu gimana ya cara buat jalan?? Dulu kan Indonesia katanya miskin, apalagi punya alat?? Trus bukanya Indonesia tu dulu cm hutan dan laut??

 

  • Kalo bumi ini planet?? Kita alien donk ya??

 

  • Kalo tahun mendatang bumi sudah dikuasai robot. Kita terus ngapain??Apakah robot tu lebih pintar dari kita??

 

  • Ko orang ASIA dan EROPA berbeda sich fisiknya?? Emank orang ASIA mesti pendek dan hitam ya??

 

Amazing…very amazing…ga’ nyangka kan, kalo sebenernya mereka punya beberapa pertanyaan yg kritis sekali bahkan bsa disebut juga sangat imajinatif. Cz pertnyaan tu sangat jujur dari apa yang dipikirkan mereka pertama kali saat melihat sesuatu yang baru.

Ternyata benar kata orang-orang pintar, kalo imajinasi anak itu sangatlah luar biasa. Bahkan dari sesuatu yang baru mereka lihatpun, bisa menimbulkan banyak pertanyaan yang sangat luar biasa pula, memacu adrenalin kali cz kalo jawaban yang kita berikan g memuaskan mereka, kita bisa sangat malu dibuatnya. Bahkan lebih malu ketika kita saltum di acara orang…Woowww!! Ckckckckck.. Andai setiap orangtua dari kita bisa mengolah setiap imajinasi anak-anak tanpa harus mengeluarkan statement yang membuat mereka malu atau takut bertanya lagi. Mungkin kreatifitas anak-anak bangsa sedikit demi sedikit akan bisa dihasilkan dengan sangat memuaskan dari hasil imajinasi mereka. Bahkan dari imajinasi mungkin bisa menjadi intuisi yang sangat hebat. Ini adalah salah satu PR kita mungkin… PR yang harus dikerjakan untuk jadikan anak-anak bangsa lebih kreatif…Good Luck! Semoga terealisasi dengan baik…:)

About Rahmita Ika Sari

Always grateful for God. View all posts by Rahmita Ika Sari

4 responses to “…Imagination…

  • Nuno Obey

    AMIN…hmmm…gurux mesti upgrade…tp bkn hanya gurux…smua org hrs teteup belajar…never stop to learn…anything…as soon as possible…AMIN

  • bangdeny

    ya buat persiapan klo nanti jd seorang ibu mit..pasti banyak pertanyaan ‘aneh’ dari sang anak..wkwkwkkwk..

  • mashuric

    Anak memang the real inquirer, … rasa ingin tahunya besar, maka jangan matikan rasa ingin tahu mereka dengan jawaban yang tidak memuaskan. Pertanyaan-pertanyaan ini merupakan hal yang ‘serius’ bagi mereka yang harus dijembatani oleh orang dewasa dengan logika yang benar. Jangan dibiarkan mengambang. Kita upgrade wawasan untuk hal-hal seperti ini.

  • Mittaa_Micha

    Good…Never stop to learn!!:)..So, semangat! Thanks for all…be smiley..:)

Leave a comment